Skip to main content

PATOFISIOLOGI SISTEM RESPIRASI

PATOFISIOLOGI SISTEM RESPIRASI

Batuk merupakan refleks perlindungan tubuh karena iritasi percabangan trakeobronkial. Kemampuan untuk batuk merupakan mekanisme penting untuk membersihkan saluran udara bagian bawah. 

Rangsangan yang bisa mengakibatkan batuk 
- rangsangan mekanik ; adanya tumor (carsinoma bronchus
- rangsangan kimia ; debu, asap, benda asing kecil
- peradangan ; setiap peradangan saluran udara dapat mengakibatkan batuk (bronkitis kronik, tbc, pneumonia)

Secara normal, orang dewasa memproduksi mukus dalam saluran pernafasannya setiap hari. Mukus ini dibersihkan secara normal oleh rambut getar di saluran pernafasannya. Kalau pembentukan mukus berlebihan maka proses normal pembersihan tidak efektif lagi, sehingga mukus akan tertimbun. Bila hal ini terjadi maka mukosa saluran pernafasan akan terangsang sehingga mukus dibatukkan keluar sebagai sputum.
Pembentukan sputum mungkin disebabkan oleh infeksi mukosa saluran nafas, rangsangan fisik maupun kimia. 

Hemoptisis / Hemoptoe

Hemoptisis merupakan istilah untuk menyatakan batuk darah / sputum yang berdarah. Penyebab hemoptisis ; Tbc paru, carsinoma bronkus, abses paru, pneumonia.

Dispnea

Merupakan istilah untuk menyatakan perasaan gangguan bernafas dan merupakan gejala utama penyakit kardipulmoner. Pasien dispnea akan merasa seakan tercekik, nafas pendek. 
Dispnea bukan selalu merupakan pertanda suatu penyakit. Pada orang normal setelah melakukan kegiatan fisik tertentu yang berat dapat terjadi dispnea.
Penyakit pernafasan yang menimbulkan gejala dispnea adalah penyakit pernafasan yang menyerang percabangan trakeobronkial (penyakit saluran nafas), parenkim paru dan rongga pleura.

Penyakit paru yang mengakibatkan nyeri dada adalah radang pleura (pleuritis). Rasa nyeri terjadi di tempat peradangan, rasa nyeri seperti teriris dan tajam, diperberat dengan batuk, bersin dan bernafas dalam, sehingga pasien sering bernafas cepat dan dangkal. 

Clubbing finger (Pembengkakan jari)

Pembengkakan jari-jari merupakan suatu perubahan bentuk ujung jari tangan / kaki, sehingga tampak menggelembung.(>_)

Clubbing finger merupakan tanda fisik yang nyata dari suatu keadaan yang serius. Penyakit paru ; carsinoma bronkus, Tbc paru, bronkiektasis, abses paru. 
Penyakit cardivaskuler ; penyakit jantung kongenital, endokarditis infektif.

Tanda– tanda petukaran gas yang kurang memadai

Sianosis adalah warna kebiru-biruan kulit dan selaput lendir, akibat peningkatan kadar hemoglobin yang tidak berikatan dengan oksigen.

Ada dua jenis sianosis :
- sianosis sentral, karena kekurangan oksigen di paru-paru. Jenis ini paling mudah diketahui di wajah, bibir, cuping telinga dan bagian bawah lidah.
- Sianosis perifer ; terjadi karena aliran darah yang kurang pada aliran darah vena seingga menyebabkan daerah tersebut menjadi biru. Sianosis perifer dapat terjadi pada kegagalan jantung, sumbatan pada aliran darah atau vasokonstriksi pembuluh darah akibat suhu yang dingin.

Popular posts from this blog

Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum

Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum Faktor-faktor penyebab perubahan kurikulum itu antara lain adalah : 1. Adanya perkembangan dan perubahan bangsa yang satu dengan yang lain. Perubahan perhatian dan perluasan bentuk pembelajaran harus mendapat perhatian. Perubahan praktek pendidikan di suatu Negara harus mendapan perhatian serius, agar pendidikan di Negara kita tidak ketinggalan zaman. Tetapi tentu perubahan kurikulum harus disesuaikan denga kondisi setempat, kurikulum Negara lain tidak sepenuhnya diadopsi karena adanya perbedaan-perbedaan baik ideologi, agama, ekonomi, sosial, maupun budaya. 2. Berkembangnya industri dan produksi atau teknologi.  Pesatnya perubahan di bidang teknologi harus disikapi dengan cepat, karena kalau tidak demikian maka output dari lembaga pendidikan akan menjadi makhluk terasing yang akanhidup di dunianya. Kurikulum harus mampu menciptakan manusia-manusia yang siap pakai di segala bidang yang diminatinya, bahkan mampu menciptakan duni

Khasiat dan Kegunaan Batu Mata Harimau

Batu Mata Harimau menggabungkan getaran-getaran dari bumi dan getaran Matahari. Batu ini memberikan dukungan dalam menjalani suatu awal baru dalam kehidupan dan membantu dalam membangun kembali harmoni kehidupan kita. Batu Mata Harimau melindungi pememakainya, terutama selama perjalanan panjang. Batu ini juga mampu meningkatkan rasa aman dan kebanggaan dalam diri seseorang. Batu Mata Harimau adalah jenis batu mulia yang berasal dari Afrika Selatan , Rusia , Australia Barat dan juga banyak dijumpai di negara Jerman dan China. Nama Batu Mata Harimau sendiri diambil dari tekstur batu yang seolah-olah seperti mata harimau. Sehingga banyak yang menyebutkan jenis batu ini dengan Batu Mata Harimau . Batu ini sendiri memiliki kekuatan yang sangat tinggi , sehingga sangat sulit untuk pecah . Batu ini tergolong dalam keluarga batu Quartz . Mata Harimau adalah batu yang sangat baik untuk meningkatkan keyakinan diri, membantu dalam usaha mendapatkan kelimpahan dan kekayaan serta meningk

METODE MEMPELAJARI FILSAFAT

METODE MEMPELAJARI FILSAFAT Dalam mempelajari filsafat kita memerlukan penjelasan mengenai cara mempelajari / memahami filsafat ini.  Cara mempelajari filsafat  Ada 3 macam metode mempelajari filsafat : metode sistematis, metode historis, dan metode kritis 1. Metode sistematis Adalah cara mempelajari filsafat mengenai materi/masalah-masalah yang dibicarakannya. Sistematis disini artinya adanya susunan dan urutan (hierarki) juga kaitan suatu masalah dengan materi/masalah lain yang terdapat dalam filsafat .[1] Misalnya mula menghadapi teori pengetahuan dari beberapa cabang filsafat. Lalu mempelajari teori hakekat yang merupakan cabang lain. Kemudian ia mempelajari teori nilai atau filsafat nilai. Dengan belajar filsafat melalui metode ini perhatian kita terpusat pada isi filsafat, bukan pada tokoh ataupun pada periode. 2. Metode historis Metode historis adalah cara mempelajari filsafat berdasarkan urutan waktu, perkembangan pemikiran filsafat yang te