Skip to main content

Jenis, Sumber, Fungsi, dan Kebutuhan Mineral Mikro



Jenis, Sumber, Fungsi dan Kebutuhan Mineral Mikro

Mineral merupakan komponen inorganik yang terdapat dalam tubuh manusia. Berdasarkan dari kebutuhannya, mineral terbagi menjadi dua kelompok yaitu mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro dibutuhkan dengan jumlah lebih dari 100 mg per hari, sedangkan mineral mikro dibutuhkan dengan jumlah kurang dari 100 mg per hari.

Mineral mikro adalah kelompok mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang relatif kecil dibandingkan kelompok mineral yang lain, akan tetapi walaupun jumlahnya sedikit, kekurangan unsur mineral ini akan menyebabakan terganggungya proses fisiologis yang terjadi dalam tubuh.

Tubuh manusia juga mengandung sejumlah kecil unsur- unsur lain yanga da dalam sistem periodik. Secara normal besi lebih banyak jika dibandingkan dengan unsur yang lainnya yaitu kadnium, kobalt, logam mulia seperti emas dan perak hanya ditemukan dalam jumlah sedikit.

Banyak mineral mikro yang esensial bagi tubuh, kesehatan, reproduksi, merupakan kofaktor bagi beberapa enzim, komponen cairan tubuh, tempat untuk mengikat oksigen, dan merupakan komponen struktural makromolekul nonenzimatik. Unsur mikro cenderung berakumulasi dalam lembaga biji- bijian yang mengandung konsentrasi vitamin B yang tinggi. Umumnya bahan makanan yang dibersihkan dalam diet manusia mungkin yang menjadi penyebab terjadinya defisiensi beberapa mineral dalam masyarakat.

Jenis, sumber dan fungsi mineral mikro disajikan pada tabel berikut.

Hati, daging, kuning telur, sayuran berdaun hijau tua, tiram, udang, salem, dan kijing. 

Unsur hemoglobin, mioglobin dan beberapa enzim oksidatif. Terdapat dalam semua sel tubuh, tetapi disimpan sebagai ferritin dalam hati, limpa dan sumsum tulang, dan terutama dalam jaringan retikulo endotelial.
 
Mangan 
Tepung gandum, kacang- kacangan, daging, ikan, ayam, sayuran berdaun hijau. 
Mengaktifkan beberapa enzim, seperti fosfatase darah dan tulang, arganise, karbosilase, dan kolinesterase. 

Tembaga 
Hati, tiram, daging, ikan, kacang- kacangan, da tepung gandum. 
Penting untuk sintesis hemoglobin dan untuk pekerjaan enzim- enzim tertentu (misal sitokrom oksidase, tirosinase, katalase, urikase, asam askorbat oksidase, monoamin oksidase). Berperan dalam pembentukan tulang dan mempertahankan mielin. 

Seng 
Tiram, makanan laut, hati, lembaga gandum, ragi, daging, telur, daging unggas, dan ikan. 
Berperan dalam bekerjanya lebih dari 200 jenis enzim. Sebagai antioksidan dan berperan dalam fungsi membran. 

Iodium 
Garam beriodium dan makanan laut. 
Unsur teroksin

Selenium 
Ikan laut, kerang- kerangan, kadarnya dalam pangan nabati tergantung pada kandungan selenium dalam tanah tempat tanaman tersebut tumbuh. 
Memperbaiki pertumbuhan dan mencegah penyakit tertentu. Faktor penting dalam pernafasan jaringan. Sebagai antioksidan

Fluor 
Air minum yang cukup kandungan. 
Berperan terutama dalam tulang dan gigi. 

Popular posts from this blog

Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum

Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum Faktor-faktor penyebab perubahan kurikulum itu antara lain adalah : 1. Adanya perkembangan dan perubahan bangsa yang satu dengan yang lain. Perubahan perhatian dan perluasan bentuk pembelajaran harus mendapat perhatian. Perubahan praktek pendidikan di suatu Negara harus mendapan perhatian serius, agar pendidikan di Negara kita tidak ketinggalan zaman. Tetapi tentu perubahan kurikulum harus disesuaikan denga kondisi setempat, kurikulum Negara lain tidak sepenuhnya diadopsi karena adanya perbedaan-perbedaan baik ideologi, agama, ekonomi, sosial, maupun budaya. 2. Berkembangnya industri dan produksi atau teknologi.  Pesatnya perubahan di bidang teknologi harus disikapi dengan cepat, karena kalau tidak demikian maka output dari lembaga pendidikan akan menjadi makhluk terasing yang akanhidup di dunianya. Kurikulum harus mampu menciptakan manusia-manusia yang siap pakai di segala bidang yang diminatinya, bahkan mampu menciptakan duni

Khasiat dan Kegunaan Batu Mata Harimau

Batu Mata Harimau menggabungkan getaran-getaran dari bumi dan getaran Matahari. Batu ini memberikan dukungan dalam menjalani suatu awal baru dalam kehidupan dan membantu dalam membangun kembali harmoni kehidupan kita. Batu Mata Harimau melindungi pememakainya, terutama selama perjalanan panjang. Batu ini juga mampu meningkatkan rasa aman dan kebanggaan dalam diri seseorang. Batu Mata Harimau adalah jenis batu mulia yang berasal dari Afrika Selatan , Rusia , Australia Barat dan juga banyak dijumpai di negara Jerman dan China. Nama Batu Mata Harimau sendiri diambil dari tekstur batu yang seolah-olah seperti mata harimau. Sehingga banyak yang menyebutkan jenis batu ini dengan Batu Mata Harimau . Batu ini sendiri memiliki kekuatan yang sangat tinggi , sehingga sangat sulit untuk pecah . Batu ini tergolong dalam keluarga batu Quartz . Mata Harimau adalah batu yang sangat baik untuk meningkatkan keyakinan diri, membantu dalam usaha mendapatkan kelimpahan dan kekayaan serta meningk

METODE MEMPELAJARI FILSAFAT

METODE MEMPELAJARI FILSAFAT Dalam mempelajari filsafat kita memerlukan penjelasan mengenai cara mempelajari / memahami filsafat ini.  Cara mempelajari filsafat  Ada 3 macam metode mempelajari filsafat : metode sistematis, metode historis, dan metode kritis 1. Metode sistematis Adalah cara mempelajari filsafat mengenai materi/masalah-masalah yang dibicarakannya. Sistematis disini artinya adanya susunan dan urutan (hierarki) juga kaitan suatu masalah dengan materi/masalah lain yang terdapat dalam filsafat .[1] Misalnya mula menghadapi teori pengetahuan dari beberapa cabang filsafat. Lalu mempelajari teori hakekat yang merupakan cabang lain. Kemudian ia mempelajari teori nilai atau filsafat nilai. Dengan belajar filsafat melalui metode ini perhatian kita terpusat pada isi filsafat, bukan pada tokoh ataupun pada periode. 2. Metode historis Metode historis adalah cara mempelajari filsafat berdasarkan urutan waktu, perkembangan pemikiran filsafat yang te