Skip to main content

Posts

Implementasi Metabolisme Lipid (Lemak)

Implementasi Metabolisme Lipid Ketogenesis merupakan pembentukan keton. Bahan- bahan keton merupakan produk pemecahan tidak lengkap dari lemak. Dalam keadaan normal, bahan- bahan keton ini terdapat dalam jumlah yang kecil yang kemudian segera dimetabolisme dan menghasilkan energi. Produksi dalam jumlah besar terjadi bila asam lemak di dalam aliran darah terdapat dalam jumlah besar, sehingga sel- sel hati tidak mampu memetabolisme asetil KoA yang terbentuk. Kebanyakan asam lemak terjadi bila produksi insulin oleh pankreas kurang atau bila konsumsi karbohidrat kurang.  Dari dua molekul asetil KoA, sel- sel hati akan membentuk ikatan asetoasetil KoA yang mempunyai 4 karbon. Ikatan ini akan diubah menjadi bahan keton asam asetoasetat dan masuk ke dalam aliran darah. Sebelum meninggalkan hati, asam asetoasetat dapat bereaksi dengan NADH dan membentuk bahan keton lain, yaitu sam beta- hidroksibutirat. Di samping itu, asetoasetat dapat kehilangan satu molekul karbondioksida dan m

Klasifikasi Lipid (Lemak)

Klasifikasi Lipid Terdapat beberapa jenis lipid yaitu: Asam lemak, terdiri atas asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh Gliserida, terdiri atas gliserida netral dan fosfogliserida Lipid kompleks, terdiri atas lipoprotein dan glikolipid Non gliserida, terdiri atas sfingolipid, steroid dan malam 1. Asam Lemak Asam lemak merupakan asam monokarboksilat rantai panjang. Adapun rumus umum dari asam lemak adalah: CH3(CH2)nCOOH atau CnH2n+1-COOH Rentang ukuran dari asam lemak adalah C12 sampai dengan C24. Ada dua macam asam lemak yaitu: 1. Asam lemak jenuh (saturated fatty acid) = asam lemak ini tidak memiliki ikatan rangkap dan hanya mempunyai ikatan tunggal atom karbon, dimana masing-masing atom C ini akan berikatan dengan atom H. Contoh: asam stearat (C18) (18:0) 2. Asam lemak tak jenuh (unsaturated fatty acid) = asam lemak ini memiliki satu atau lebih ikatan rangkap. Asam lemak tidak jenuh tunggal (mono unsaturated fatty acid / MUFA)

MAKALAH BIOKIMIA METABOLISME LEMAK DAN IMPLEMENTASINYA

MAKALAH BIOKIMIA METABOLISME LEMAK DAN IMPLEMENTASINYA BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Lemak merupakan salah satu kandungan utama dalam makanan, dan penting dalam diet karena beberapa alasan. Lemak merupakan salah satu sumber utama energi dan mengandung lemak esensial. Namun konsumsi lemak berlebihan dapat merugikan kesehatan, misalnya kolesterol dan lemak jenuh. Dalam berbagai makanan, komponen lemak memegang peranan penting yang menentukan karakteristik fisik keseluruhan, seperti aroma, tekstur, rasa dan penampilan. Karena itu sulit untuk menjadikan makanan tertentu menjadi rendah lemak (low fat), karena jika lemak dihilangkan, salah satu karakteristik fisik menjadi hilang. Lemak juga merupakan target untuk oksidasi, yang menyebabkan pembentukan rasa tak enak dan produk menjadi berbahaya.Lipid mengacu pada golongan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar dan hidrofobik. Karena nonpolar, lipid tidak larut dalam pelarut polar seperti air, tetapi larut dalam pelarut non

Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Perkembangan Kurikulum di Indonesia 1. Rencana Pelajaran 1947 Kurikulum pertama yang lahir pada masa kemerdekaan memakai istilah leer plan. Dalam bahasa belanda berarti rencana pelajaran. Lebih popular daripada curriculum (bahasa Inggris). Perubahan kisi-kisi pendidikan lebih bersifat politis: dari orientasi pendidikan Belanda ke kepentingan nasional. Asas pendidikan ditetapkan pancasila. Rencana pelajaran1947 baru dilaksanakan di sekolah-sekolah pada 1950. Bentuknya memuat dalam dua hal pokok: daftar mata pelajaran dan jam pengajarannya, ditambah garis-garis besar pengajaran. Yang diutamakan adalah pendidikan watak, kesadaran bernegara dan bermasyarakat, materi pelajaran dihubungkan dengan kejadian sehari-hari, perhatian terhadap kesenian dan pendidikan jasmani.[1] 2. Rencana Pelajaran Terurai 1952 Setelah Rencana Pelajaran 1947, pada tahun kurikulum di Indonesia mengalami penyempurnaan. Pada tahun 1952 ini, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendiidkan Penga

MAKALAH KURIKULUM DAN PERKEMBANGANNYA

MAKALAH KURIKULUM DAN PERKEMBANGANNYA I. PENDAHULUAN Ada tiga kegiatan yang nama satu dengan yang lainnya saling terkait, yaitu: perencanaan, pembinaan, kemudian pengembangan, kembali lagi ke perencanaan yang lebih baik, dibina dan dikembangkan lagi, begitu seterusnya. Pada dasarnya pengembangan kurikulum ialah mengarahkan kurikulum sekarang ke tujuan pendidikan yang diharapkan karena adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar atau dari dalam sendiri, dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masa depannya dengan baik. Oleh karena itu pengembangan kurikulum hendaknya bersifat antisipatif, adaptif, dan aplikatif. Antisipatif dalam pengembangan kurikulum dapat diarahkan ke hal-hal jangka pendek dan jangka panjang. Kurikulum adalah sejumlah rencana isi yang merupakan sejumlah tahapan belajar yang didesain untuk siswa agar tujuan pendidikan tercapai, dalam penyusunan kurikulum prosesnya bergantung pada asas organisatoris, yakni

Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum

Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum Faktor-faktor penyebab perubahan kurikulum itu antara lain adalah : 1. Adanya perkembangan dan perubahan bangsa yang satu dengan yang lain. Perubahan perhatian dan perluasan bentuk pembelajaran harus mendapat perhatian. Perubahan praktek pendidikan di suatu Negara harus mendapan perhatian serius, agar pendidikan di Negara kita tidak ketinggalan zaman. Tetapi tentu perubahan kurikulum harus disesuaikan denga kondisi setempat, kurikulum Negara lain tidak sepenuhnya diadopsi karena adanya perbedaan-perbedaan baik ideologi, agama, ekonomi, sosial, maupun budaya. 2. Berkembangnya industri dan produksi atau teknologi.  Pesatnya perubahan di bidang teknologi harus disikapi dengan cepat, karena kalau tidak demikian maka output dari lembaga pendidikan akan menjadi makhluk terasing yang akanhidup di dunianya. Kurikulum harus mampu menciptakan manusia-manusia yang siap pakai di segala bidang yang diminatinya, bahkan mampu menciptakan duni

Macam-macam Kurikulum

Macam-macam Kurikulum  Dalam menyusun kurikulum sangatlah tergantung pada asas organisatoris, yakni bentuk penyajian bahan pelajaran atauorganisasi kurikulum . ada beberapa pola organisasi kurikulum, yang dienal juga dengan sebutan macam-macam kurikulum atau tipe-tipe kurikulum. Macam-macam kurikulum tersebut adalah : 1. Sparated Subject Curriculum Kurikulum ini dipahami sebagai kurikulum mata pelajaran yang terpisah satu sama lainnya. Kurikulum mata pelajaran terpisah ( Sparated Subject Curriculum ) berarti kurikulumnya dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah-pisah, yang kurang mempunyai keterkaitan dengan mata pelajaran lainnya. Konsekuensinya, anak didik harus semakin banyak mengambil mata pelajaran.  Tyler dan Alexander menyebutkan bahwa jenis kurikulum ini digunakan dengan school subject, dan sejak beberapa abad hingga saat ii pun masih banyak didapatkan diberbagai lembaga pendidikan. Kurikulum ini terdiri dari mata pelajaran- mata pelajaran, yang tujuan pembe